150.M Hadiah HUT Kota Belopa Ke-14 Dari Pemprov Sulsel, Ini Pesan Bupati Untuk Masyarakat Luwu

LUWU, PilarNews – Memperingati hari jadi kota belopa sebagai ibu kota kabupaten luwu yang ke-14 tahun 2020 di lapangan rumah jabatan bupati luwu, kamis (13/02) terlihat sangat meriah dan dihadiri langsung oleh wakil gubernur (Wagub) Sulawesi Selatan (Sulsel), H.Andi Sudirman Sulaiman,ST bersama rombongan pemprov sulsel serta rombongan datu luwu,Andi Maradang Mackulau Opu Daeng Bau, terlihat juga hadir beberapa kepala daerah dan wali kota lingkup sulawesi selatan.

Dalam momentum acara Hari Ulang Tahun (HUT) kota belopa dimaksud, yang begitu komplit kehadiran dan didepan berbagai elemen masyarakat dan pemerintahan lingkup sulawesi selatan. Bupati Luwu, H.Basmin Mattayang menyampaikan harapan yang baik untuk kemajuan sulawesi selatan, khususnya kabupaten luwu kedepan.

Hut kota belopa sebagai ibu kota kabupaten luwu sangat merupakan peristiwa bersejarah bagi masyarakat luwu dan hari jadi ini sejauh mana jati diri kita masyarakat luwu untuk daerah ini kedepan yang lebih baik, lebih maju, mandiri, berdaya saing serta bernuansa religius sesuai dengan cita-cita luhur para pelaku sejarah, Kata Bupati Luwu dalam sambutannya.

“Makna dari hari jadi ini adalah bagaimana mengingatkan kita pada ajaran-ajaran kebaikan, nilai-nilai keihlasan, makna perjuangan dan pengabdian, setinggi apapun gelombang rintangan yang menghadang, kita tetap melangkah dan terus bergerak tuk meraih cita-cita kita bersama, yakni mewujudkan masyarakat luwu yang sejahtera lahir maupun batin”.

Namun masih banyak tugas kita semua untuk terus membangun daerah ini. Tutur H.Basmin Mattayang, masih tersimpan tanda tanya besar bagaimana kita membina, menjaga rasa kebersamaan, kekompakan seraya bersemangat tuk meraih kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di bumi Sawerigading yang kita cintai ini, sesuai dengan istilah “Wanua Mappatuo’e Naewai Alena” yang berarti Negeri yang mampu menghidupi dirinya sendiri.

Untuk itu, kata Bupati Luwu. Saya berpesan kepada kita semua tuk menjadi mercusuar-mercusuar bagi masyarakat luas dalam melaksanakan pembangunan walaupun penuh tantangan. Kedua, kita harus memiliki cita-cita besar, cita-cita yang menjdikan daerah kita yang maju dan mandiri, selalu menanamkan nilai keihlasan dan penuh tanggung jawab dalam bertugas. Ketiga, bekerja dengan penuh semangat pantang menyerah, fokus pada tujuan walaupun tantangan dan cobaan apapun tidak menggoyahkan kita, tidak mudah menyerah hingga kita sampai pada cita-cita dan tujuan kita

Keempat, semangat berkorban. Korban waktu, tenaga, pikiran serta materi dalam perjuangan gerak tuk menggapai cita-cita dimaksud. Tidak ada yang gratis, sekalipun bagi yang tidak berbuat apa-apa maka dia sudah mengorbankan waktunya atau sesuatu dalam menjalani hidup ini, dan pesan yang kelima, jadikanlah iman dan takwa serta budaya luwu sebagai dasar berpijak dari segala upaya kita dalam percepatan pembangunan di berbagai bidang.

Selain menyampaikan lima poin pesan untuk masyarakat dan pemerintahan luwu, Bupati juga menyampaikan bahwa salah satu punjak dari acara ini adalah memperkenalkan program Gerakan tanam sayur serentak (Gertak) di 500 titik tersebar dalam wilayah kabupaten luwu, yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum TP-PKK Luwu, Dr.Hj.Hayarna Basmin,SH.M.Si bersama Ketua-ketua TP-PKK lain.

Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada Pemprof.Sulsel atas berbagai bantuannya untuk kabupaten luwu. “Ada juga festival rakki dari jajaran pemerintah mulai dari desa sampai ke tingkat dinas supaya tidak ada jarak antara pemerintah luwu dengan masyarakatnya, dan kami pemerintah serta mewakili masyarakat kabupaten luwu mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam memberikan oleh-oleh di acara HUT kota belopa yang ke -14 tahun ini”,

Yakni satu unit mobil ambulance, satu unit mobil damkar dan satu unit mobil Bus angkutan, ungkap H.Basmin Mattayang. Tadi malam saya dapat pesan info bahwa Pemkab.Luwu dapat sumbangan dari Pemerintah Provinsi Sulsel sebesar Rp.150.M, dimana 130.M untuk pembangunan infrastruktur dan 20.M bantuan untuk keuangan pemkab.luwu. Semoga berbagai bantuan pemerintah dapat membantu untuk proses kesejahteraan masyarakat di luwu. Kuncinya (pn/hyn)

Leave a Reply