Pasar Lama Belopa Semakin Ramai, Pedagang Pasar Baru Keluh Kurang Pembeli

HAMZAH TETE,S.AN : “Mudah-Mudahan Dalam Waktu Dekat Pemda Luwu Akan Pindahkan Pedagang Pasar Lama”

BELOPA, PilarNews – Melalui media ini, minggu (02/02). Salah satu pedagang campuran di pasar tradisional belopa, Hj.Sukarni (41.thn) menyampaikan keluhannya dan meminta pemerintah daerah supaya tegas dalam pemindahan para pedagang pasar belopa lain yang masih bertahan di lokasi pasar lama di belakang terminal Belopa.

“Kasihan kami ini pak, waktu kami semua di pindahkan dan diangkut beserta barang-barang dagangan kami oleh petugas Pol-PP dari pasar lama ke sini (Pasar baru). Kami masih bertahan sampai saat ini karena kami menghargai pemerintah kami yang mau mengatur demi kemajuan daerah ini. Tapi berjalan satu tahun akhir-akhir ini pak, sebagian pedagang yang lain diam-diam mereka melawan petugas yakni kembali berdagang di pasar lama dekat terminal, sehingga kami disini sepi dari pembeli”. Terang Sukarni

Bagaimana tidak sepi pak, sambung Sukarni. Dipasar baru belopa ini setiap hari kami menjual, mereka disana (Pasar lama) juga setiap hari berjualan, tentu masyarakat belopa lebih memilih disana karena disana lebih dekat dari pada kami disini yang agak jauh pak. Kami disini pak ramai kalau hanya hari pasar, kamis dan minggu baru ramai pembeli disini (Pasar Baru).

Kalau hari lain pembeli kami disini sunyi pak, sementara pembayaran karcis pajak setiap hari Rp.5.000,- karena ditambah uang kebersihan Rp.2.000,-, itu karcis hari-hari kami harus bayar smentara selain hari pasar pembeli kami sunyi, pendapatan paling banyak hanya Rp.20.000,- per hari selain hari pasar. Belum kebutuhan hari-hari kami dirumah pak. Jadi kami pedagang dipasar baru belopa berharap ada ketegasan dari pemerintah daerah dalam pemindahan pasar, supaya pasar belopa juga terlihat ramai dan hidup dalam hal transaksi jual beli.

Kepala pasar Belopa, Hamzah Tete, S.AN saat dikonfimasi terkait keluhan warga pasarnya dan rencana pemindahan para pedagang yang masih bertahan di pasar lama, Hamzah membenarkan hal tersebut dan dia juga mengatakan “Mudah-Mudahan Dalam Waktu Dekat Pemda Luwu Akan Pindahkan Pedagang Pasar Lama”.

Hari jumat kemarin, Saya di suru oleh pak Kadis Perdagangan (Drs.Husain) untuk turun mendata para pedagang yang ada di pasar lama, ada 15 pedagang penjual buah, penjual ikan 14, penjual sayur lebih 20 orang. Insya Allah hari senin besok Kadis perdagangan akan menghadap ke Bapak Bupati dengan membawa hasil pertemuan di lapangan bersama para anggota DPRD komisi dua kemarin. Ungkap Hamzah

Terkait jadi atau tidaknya pemindahan para pedagang yang masih bertahan di pasar lama itu, kita tunggu saja dulu hasil pertemuan pak Kadis dengan bapak Bupati besok. Mudah-mudahan hasil pertemuan besok pak kadis dengan Bapak Bupati itu jadi untuk dipindahkan, kami sudah siapkan tempat untuk pedagang buah dan pedagang sayur, yang membuat pusing pak Kadis perdagangan sekarang ini adalah tambahan tempat untuk para penjual ikan. Tuturnya

Kami berharap supaya ada perhatian dan bantuan dari pemerintah daerah untuk itu, supaya pasar tradisional atau pasar baru Belopa ini menjadi ramai sesuai dengan amanah yang disampaikan oleh Bapak Bupati Luwu, H.Basmin Mattayang, bahwa ramaikan pasar untuk kelancaran perputaran perekonomian masyarakat. Kuncinya (pn/AL)

Leave a Reply