Kebun Percontohan Program TP-PKK Desa Senga Selatan Panen Perdana

BELOPA, PilarNews – Program gerakan menanam sayuran oleh Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Desa Senga Selatan akhirnya membuahkan hasil, hanya berselang tiga minggu setelah ditanam, sayuran Kangkung dan Bayam kini telah dipanen oleh TP-PKK Desa Senga Selatan bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) serta kelompok Dasa Wisma desa Senga Selatan, minggu (19/01)

Acara panen perdana di kebun percontohan TP-PKK Desa Senga Selatan ini dihadiri langsung oleh Ketua Umum TP-PKK Kabupaten Luwu, Hj.Hayarna Basmin bersama Bupati Luwu,H.Basmin Mattayang dan Kades Senga Selatan Andi Muh.Arfan Basmin,SH. Terlihat juga Kadis Pertanian, Ir.Andi Pangerang dan warga desa senga selatan.

Mendampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Luwu melakukan panen perdana, Bupati Luwu,H.Basmin Mattayang mengatakan panen perdana ini sebagai bukti bahwa gerakan menanam sayuran yang akan dilakukan secara serentak akan membawa manfaat bagi masyarakat kabupaten Luwu.

“Panen perdana ini merupakan bukti bahwa gerakan menanam sayuran yang akan kita galang mulai tahun 2020 ini akan membuahkan hasil dan akan membawa manfaat besar bagi masyarakat, karena selain sayuran ini bisa dikonsumsi sendiri oleh masyarakat, manfaat yang lain adalah dapat menambah sumber penghasilan keluarga”, kata H Basmin Mattayang

Sementara Itu, Ketum TP-PKK Kabupaten Luwu, Hj.Hayarna Basmin yang di dampingi Ketua TP-PKK Desa Senga Selatan, Armila Putri Pawennari mengatakan bahwa tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak ikut berpartisipasi dalam program gerakan menanam sayuran, baik di kebun masing-masing desa maupun di masing-masing pekarangan warga.

“Menanam sayuran bagi masyarakat itu penting, karena selain untuk memenuhi gizi keluarga, sayuran ini dapat menjadi mata pencaharian keluarga. Jika kita tidak memiliki lahan atau kebun, pekarangan rumahpun bisa di manfaatkan untuk menanam sayuran”, kata Hj.Hayarna Basmin

Menurut Ketua TP-PKK Kabupaten Luwu, ada dua macam cara untuk menanam, Ada model tanaman konvensional dilakukan di lahan atau kebun yang luas dan ada yang melalui system vertikultur (dikembangkan di halaman yang sempit) dengan jenis tanaman sayuran seperti bayam, terong, kangkung dan sawi. (pn/AL)

Leave a Reply