Berikan Sambutan di Pelantikan Anggota DPRD Luwu Masa Jabatan 2019-2024, Ini Pesan Bupati

LUWU, PilarNews – Rapat paripurna istimewa dalam rangka pelantikan atau pengambilan sumpah jabatan pengurus baru anggota DPRD Kabupaten luwu untuk periode 2019-2024 di ruang paripurna DPRD luwu, senin (02/9) berlangsung dengan meriah.

Dalam pembacaan susunan pengurus baru anggota DPRD Kabupaten Luwu masa bakti tersebut, di ketuai oleh Rusli Sunali dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan H.Muliadi sebagai wakil ketua dari partai Perindo beserta 33 anggota lainnya dari berbagai perwakilan partai.

35 anggota DPRD luwu dimaksud dilantik langsung oleh ketua pengadilan negeri belopa, I Mace Yuliada,SH.MH yang dihadiri oleh Bupati Luwu, Wakil Bupati, para Petinggi unsur muspida kabupaten luwu, para pimpinan SKPD serta para undangan dari berbagai lapisan masyarakat juga hadir untuk menyaksikan wakil rakyatnya dilantik.

Dalam sambutan Bupati Luwu, H.Basmin Mattayang mengingatkan serta mengajak pentingnya kerja sama para unsur muspida kabupaten luwu, terutama dalam pengambilan kebijakan atau keputusan oleh eksekutif dan legislatif nantinya untuk membangun daerah kabupaten luwu kedepan yang lebih baik dan maju.

“Saudara-saudara sekalian dan anggota dewan yang terhormat, kenapa ini perlu kita saling mengingatkan, karena besan sejalan di era kualifikasi dan di era digital, yang namanya jejak digital itu susah kita hapus sehingga kita yang sebagai anggota dprd, bupati dan wakil bupati di dalamnya itu harus berhati-hati dalam mengambil suatu kebijakan atau keputusan”. Ucap Bupati

“Tetapi Insya Allah sebaik-baiknya keputusan, jika kita ambil berpihak pada masyarakat maka yakin dan percaya kita pasti menjadi anggota dewan yang hebat dan mudah di banggakan oleh masyarakat. Jangan pernah kita menjadikan jabatan ini menjadi kebanggan di tengah-tengah masyarakat yang telah memilih kita, sama dengan bupati dan wakil bupati”.

Bupati juga mengatakan patut kita bersyukur bahwa baru kali ini pelantikan DPRD kabupaten luwu dilantik langsung ketua pengadilan negeri Belopa. “Sejarah bagi kita semua bahwa pada pagi hari ini di luwu baru terjadi anggota dprd yang terpilih di lantik oleh ketua pengadilan negeri kabupaten luwu, satu hal yang patut kita suykuri bahwa ternyata berakat pemerintahan daerah telah cukup sesuai dengan amanah konstitusi dan undang-undang dasar 1945, di luwu ini sudah ada pengadilan negeri dan pengadilan agama yang merupakan pelengkap untuk mengambil sebuah keputusan dan kebijakan, ini yang perlu kita pahami”.

Berdasarkan UU dasar 1945, H.Basmin Mattayang juga mengingatkan sekaligus menyampaikan dua hal pada anggota DPRD yang baru saja dilantik, yaitu secara konseptual perjuangan anggota DPRD memiliki nilai intelektual dan karakter konfigurasi negara kesatuan khusus untuk penyelenggarahan pemerintah daerah yang bermitra dan sejajar dengan kepala daerah.

Yang kedua, anggota DPRD dipilih langsung oleh rakyat melalui dan terikat pada partai politik berbeda dengan kepala daerah. Kondisi ini tentunya menciptakan anggota DPRD yang memiliki ikatan batin lebih kuat sebagai alat perpanjang partai politik, namun demikian poin yang perlu di simpulkan adalah sebesar apapun kepentingan partai politik asal sudah erat khendaknya tempatkanlah kepentingan partai secara luas di antaranya jikalau boleh di ibaratkan pantai, masyarakat adalah lautannya dan pengertian itulah samudranya.

H.Basmin Mattayang mengingatkan pula tentang tugas dan fungsi anggota DPRD dalam berkoraborasi bersama eksekutif dan yudikatif membangun daerah kabupaten luwu kedepan yang memposisikan kebijakan untuk kepentingan masyarakat, dikarenakan anggota DPRD yang terpilih kisaran 70% berwajah baru dari berbagai unsur disiplinan ilmu dan latar belakang pengalaman kerja. Sehingga kita harapkan anggota dprd yang terpilih kali ini menunjukan kualitas tinggi inovatif dan ada dedikasi dalam setiap mengambil keputusan.

“Akhirnya saya sampaikan selamat berkerja pada anggota dprd kabupaten luwu masa jabatan tahun 2019-2024 yang baru saja di lantik, di sertai harapan yang menjalankan tugas sabaik-baiknya pada kesempatan baik ini saya menyampaikan pula terimakasi pada anggota dprd masa jabatan tahun 2014-2019 atas pengabdiannya dan jasa-jasanya kepada daerah, bangsa dan negara, semoga Allah SWT memberikan ganjaran dan amal ibadah atas segala bentuk pengabdian yang telah di laksanakan oleh saudara-saudara”. Tutur Bupati Luwu

Insyaallah “Seingeka Simatagaru Kuseingeko Sipuppureng Lino” (Luwu Red), saya mengajak anggota dprd yang hadir hari ini mari kita bergandengan tangan dengan filosifi “Siwata Mendree Ta Siwanatanonno” (Luwu Red), budaya dulu saudara-saudara sekalian adalah “Banua Mappatuo Na Ewai Allena”(Luwu Red), tidak ada pilihan antara dprd dan eksekutif semua harus bergandengan tangan dalam satu pandangan, satu putusan yang berpihak pada rakyat, supaya pemerintahan luwu kedepan akan menjadi barometer pemerintah di seluruh indonesia dan kita mau adalah luwu ini merupakan pelaksana roda pemerintahan yang terbaik di seluruh indonesia. Kuncinya (pn/afh)