Cakep Desa Tanjong Nomor 5 Tawarkan Program Unggulannya

SABRI JALAL : “Kita Lima, Kita Bisa, Salam Lima Jari”

NOLING, PilarNews – Sabri Jalal sekretaris desa (Sekdes) Tanjong kecamatan noling kabupaten luwu yang juga ikut bertarung sebagai salah satu Calon Kepala (Cakep) Desa dengan nomor Cakep.5. Melalui Pilar News, rabu (21/8) menawarkan Lima (5) Program Unggulan kepada warga desanya.

Kepada warga desa Tanjong, ajak Sabri. Ayo bangun impian dan wujudkan visi kita bersama, dengan 5 program unggulan saya, yang Pertama adalah program “Kartu Abi”. Bagi pemegang kartu Abi akan mendapatkan 5 kegunaan unggulan yaitu bebas biaya pembuatan semua surat keterangan atau pengantar desa, termasuk keterangan ganti rugi tanah, keterangan usaha dan sebagainya.

Kegunaan kedua adalah bebas biaya pengurusan dokumen administrasi kependudukan seperti KTP, KK, Akte kelahiran dan lain-lain, kegunaan ketiga adalah mendapat bantuan perlengkapan anak sekolah, yang keempat mereka mendapat bantuan pupuk dan bibit tanaman pertanian, dan yang ke-5 pemegang kartu Abi bebas pajak PBB untuk lahan rumah tempat tinggal bagi nasabah Bank Sampah.

Program unggulan saya berikutnya adalah “Bank Sampah”. Insya Allah, apabila warga memberikan saya kesempatan sebagai kepala desa nantinya, maka pemerintah desa akan memfasilitasi pemanfaatan sampah menjadi tabungan masyarakat yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti pembayaran BPJS, belanja alat tulis sekolah, listrik, pulsa, sembakao dan sebagainya.

Dalam program Bank Sampah ini juga setiap warga yang terdaftar sebagai nasabah akan diberikan buku tabungan dari pengelola Bank Sampah, untuk memperbanyak hasil tabungan nasabah akan diberikan karung sebagai alat untuk memilih, mengumpul serta menyetor sampah kering mereka ke pengelolah Bank Sampah desa Tanjong.

Kemudian program unggulan saya yang berikutnya adalah membuka “Sekolah Sepak Bola” (SBB) untuk pembinaan pemain sepak bola Anak Usia Dini dan remaja, dari umur tujuh sampai 15 tahun berdasarkan kurikulum nasional dan bagi siswa nya yang berprestasi akan mendapatkan Beasiswa.

Progran unggulan saya yang berikutnya adalah membuka “Taman Pembinaan Al-Qur’an”. Pemerintah desa akan menyediakan guru profesional, khusus membina dan mengajarkan Tajwid Al-Qur’an di semua kalangan, anak-anak maupun orang dewasa, dengan tujuan mencetak Qari dan Qariah desa Tanjong untuk di ikutsertakan dalam ajang MTQ setiap tahun dan itu Gratis tanpa pungut biaya.

Program saya yang ke-5 adalah menghadirkan Monansa (Mobil Layanan Desa) untuk angkutan transportasi darurat (Emergency), seperti membawa warga yang sakit ke puskesmas atau rumah sakit secara gratis, bagi yang tidak darurat seperti angutan dan pelayanan dari rumah warga ke belopa pergi pulang (PP) untuk pengurusan KTP, KK, Akte Kelahiran, BPJS, Periksa kesehatan di RSUD Batara Guru Belopa dan sebagainya ada jadwalnya dua kali seminggu yakni hari Senin dan hari Kamis.

Tidak berhenti disitu, masih ada lagi program dan pelayanan pemerintah desa yang lain selain 5 program unggulan kami, yakni perkerasan jalan setiap lorong secara bertahap, joging track setiap hari jumat, pengadaan apotek desa, pembangunan embung, pembangunan pasar pelangi serta pengadaan perpustakaan umum desa. Insya Allah “Kita Lima, Kita Bisa, Salam Lima Jari”. (pn/afh)