Ini Pesan Bupati saat Mengukuhkan Sekda Luwu

BM : “Mudah-Mudahan Saya Tidak Salah Pilih”

LUWU, PilarNews – Bupati Luwu H.Basmin Mattayang melantik kepala dinas PUPR, Ridwan Tumbalolo sebagai sekretaris daerah (Sekda) kabupaten luwu selama belum ada sekda devenitif ditetapkan. Pelantikan dilaksanakan pada hari kamis (01/08) di ruang aula Bappeda luwu belum lama ini.

Acara pelantikan tersebut dihadiri oleh para pimpinan SKPD, camat dan para Pimpinan unsur muspida pemerintah daerah (pemda) se kabupaten luwu dan yang mewakili. Dalam sambutan Bupati luwu mengatakan bahwa Mantan sekda (H.Saiful Alam) adalah orang pilihan, orang yang tulus, mulia hati dan etitutnya baik.

Bupati Luwu juga menyampaikan bahwa pejabat daerah dalam mengambil kesimpulan atau kebijakan harus memiliki tiga prinsip, yakni kejujuran, keberanian dan tegas. Karena keputusan seorang pimpinan akan mempengaruhi tatanan, nilai dan lingkungan sekitarnya.

Berkaitan dengan pelayanan publik, ada enam poin untuk upaya menjalin kebersamaan ASN. Didalam mengelola tata pemerintahan seorang pejabat harus memegang pada tiga perinsip yaitu Siapa yang mengerjakan apa, kapan dikerjakan dan dimana dikerjakan dalam kaitan melaksanakan tugas, tetapi terkait dengan komunikasi publik ada tiga komponen yang juga menjadi acuan, kapan saya bicara, apa yang saya bicarakan dan kepada siapa saya bicara. Ucap Bupati Luwu

“Memang agak susah dalam melaksanakan ke enam prinsip itu, sehingga kita harus terus belajar tanpa merasa diajar, bekerja tanpa merasa disuruh dan mengambil keputusan tanpa merasa bersalah. Sebenarnya jabatan itu banyak hal yang harus di nilai di dalamnya. Sehingga harapan kita kedepan, kita ingin kelola tata pemerintahan ini dengan baik”.

Kemudian, berkaitan dengan sekda yang baru saja kita lantik bukan pilihan dengan keadaan yang tiba-tiba atau senioritasnya, Jelas Bupati Luwu. Tapi Dia dipilih berdasarkan proses demi proses, banyak hal yang dinilai untuk menentukan seorang pejabat dan mudah-mudahan saya tidak salah pilih dan dalam penilaian mulai dari sikap, karakter, tutur bahasa dan kinerja yang selama ini dia tunjukan bukan hanya sebuah kepalsuan, kalau sebuah kepalsuan maka saya yang akan rusak.

H.Basmin Mattayang juga terdengar mengajak untuk bersatu membangun luwu. “Dalam politik atau pilkada yang lalu, kita bisa berbeda pendapat tapi setelah itu kita semestinya satu dan menyatu. Saya mengajak marilah kita semua bersatu, yang penting saudara (ASN) melaksanakan tugas dengan baik, termasuk sekda yang baru. Supaya melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya”.

Bupati Luwu terlihat serius dalam menyampaikan pidatonya, namun ada kejadian yang sedikit humor sehingga membuat para undangan terlihat rileks. “Ingat bapak ini rangkap jabatan tapi cuman satu sumber jabatan, di PUPR kata Bupati kepada sekda baru. Jabatan sekda adalah jabatan strategis, Bupati salah ambil kebijakan karena sekda salah baca, oleh karena itu berhati-hati dalam melaksanakan tugas selama menjabat sebagai sekda”.

“Kemarin waktu mantan sekda H.Saiful Alam meninggalkan kita, saya lihat di atas mejanya masih ada pekerjaan yang belum diselesaikan. untuk itu setelah pelantikan ini sekda baru harus tinjau kembali ruangan sekda, lalu apa yang bisa bapak selesaikan hari ini jangan tunda untuk besok”. Harap Bupati Luwu

Kalau dalam dunia bisnis utang bisa dibayar besok kenapa harus dibayar hari ini. Tapi dalam dunia Birokrasi sebagai pelayan publik, apa yang bisa kita kerjakan hari ini jangan tunda untuk hari esok. Saya harapkan tingkatkan kinerja saudara-saudara sekalian, karena kedepan dalam waktu dekat ada penilaian kinerja aparatur negara. Kita ini harus rubah paradikma lama ke paradikma baru.

“Mainset berfikir kita harus lebih cerdas dari hari-hari kemarin, dengan membangun kepribadian kita dengan menyadari bahwa tugas kita sebagai ASN adalah amanah yang mulia dari masyarakat yang kalau tidak dilaksanakan dengan baik ada dua tempat pertanggung jawabannya, bertanggung jawab kepada yang berkepentingan dan bertanggung jawab kepada Allah S.W.T

Ilaf itu tempatnya di manusia tapi jangan kita pura-pura hilaf. kesalahan itu adalah kesempurnaan hidup manusia tapi jangan pura-pura kita berbuat salah. Sambung Bupati, taklupa kita berterimakasih kepada H.Saiful Alam yang sudah melayani masyarakat luwu selama ini dan kepada Sekda yang baru selamat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. (pn/hyn)