Seru, 88 Desa di Luwu Akan Pilkades Serentak dalam Bulan September 2019

MASLING MALIK : “Supaya Jurdil, Diharapkan Panitia Pelaksana Harus Mengikuti Juknis Pilkades”.

LUWU, PilarNews – Setelah Pilkada dan Pileg belum lama ini, masyarakat kabupaten luwu di 88 desa akan menghadapi lagi pemilihan umum (Pemilu) tingkat desa atau pemilihan kepala desa (Pilkades). Penyampaian Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) kabupaten luwu, Masling Malik di ruang kerjanya, Rabu (26/6)

Sebagai penyelenggara pilkades serentak, Maslim Malik mengatakan. Akhir 2017 melalui perda tentang organisasi pemerintah desa, kali ini proses tahapan Pilkades ditangani oleh dinas, yang sebelumnya Bagian pemerintahan Pemda yang menangani. Dan sebagai panitia pelaksana (Panpel) kegiatan pilkades di TPS adalah BPD di masing-masing desa.

“Sebenarnya Pilkades serentak dalam tahun ini (2019) direncanakan akan dilaksanakan pada bulan agustus, namun masih ada 12 dari 88 desa yang ikut pilkades serentak BPD-nya belum menerima SK, ini karena 12 desa yang dimaksud masing-masing desa masih dalam proses pembentukan BPDnya”. Kata Masling

Disampaikan juga kepada masyarakat yang ikut dalam pilkades nantinya supaya tetap memilih dan jangan “Golput”. Karena Pilkades juga adalah salah satu kegiatan pemilihan umum tingkat desa untuk mencari pemimpin yang layak dan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat baik secara administrasi maupun pembangunan sarana prasarana infrastruktur (fisik).

“Supaya Jurdil, diharapkan panitia pelaksana harus mengikuti juknis pilkades, sesuai dengan perbup nomor 146 tahun 2017 tentang petunjuk teknis pelaksanaan pilkades serentak. Supaya kegiatannya berjalan dengan baik, aman, tertip dan lancar sampai selesai tahapan tidak ada kekacauan”. Harapannya (pn/al)