Kabiro Pemerintahan Sulsel Ungkapkan Jadwal Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Terpilih

LUWU, PilarNews- Pada awak media, minggu (03/2) di Makassar. Hasan Basri Ambarala, Kepala biro pemerintahan sulawesi selatan mengungkapkan jadwal pelantikan hasil pilkada 2018 lalu yang belum dilantik.

Hasan Basri mengatakan pemerintah profinsi sulawesi selatan (Pemprof.Sulsel) sudah mengagendakan jadwal pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih yakni H.Basmin Mattayang dan Syukur Bijak (Baik Jilid.2) dari kabupaten Luwu, kemudian bupati dan wakil bupati terpilih dari kabupaten Wajo, Amran Mahmud bersama H.Amran (Pammase).

Kali ini, kedua pasangan kepala daerah tersebut akan dilantik secara bersamaan oleh Pak Gubernur nantinya, setelah mereka ditetapkan oleh komisi pemilihan umum (KPU). Dan pelantikan yang ke empat kali yang dilaksanakan oleh Pemprof.Sulawesi selatan.

“Rencana pelantikan yang telah diagendakan dalam bulan ini, jumat 15 februari 2019 di Makassar. Namun tempat pelantikan belum pasti, apakah di gedung baruga Unhas seperti pelantikan kepala daerah sebelumnya atau dimana, kita tunggu saja arahan dari Pak Gubernur”. Ungkap Hasan

Hasan Basri juga mengungkapkan karena kedua pasangan kepala daerah ini, berbeda masa jabatannya yakni 14 februari untuk kabupaten Luwu dan 15 februari untuk kabupaten Wajo, sehingga khusus kabupaten Luwu akan ditetapkan satu Pelaksana Harian (PLH).

Pelaksana harian ini diadakan agar pemerintah tidak kekosongan pemimpin. Katanya, meski jabatan Plh hanya terhitung jam atau sehari saja, itu sudah menjadi ketentuan undang-undang, bahwa kekosongan jabatan kepala daerah karena akhir masa jabatan harus digantikan oleh Pelaksana Harian.

“Karena Pelaksana Harian harus diisi oleh Pejabat yang tertinggi di Pemda tersebut, maka khusus kabupaten Luwu, Sekretaris Daerah (Sekda) setempat yang akan jadi PLH-nya, jadi kepala daerah itu tidak bisa kosong walaupun hanya semenit harus ada PLH,” kata Hasan.

Kabupaten Luwu, sambung Hasan Basri. Akan diisi oleh Plh selama 24 jam, sebab masa jabatan bupati dan wakil bupati saat ini, Andi Mudzakkar bersama Amru Saher berakhir pada 14 februari tahun ini (2019). (pn/slw.2c)