Cegah Penyebaran Covid-19 masuk di Luwu, Pemdes Senga Selatan Netralisasi Area Pelabuahan Belopa

BELOPA, PilarNews – Pelabuhan belopa salah satu pintu masuk serta keluar orang dan barang melalui jalur laut. Kapal Tak Boad (tb)119 gt, menggandeng Tongkangnya 2.229 gt yang berlabuh di pelabuhan belopa akhir maret, membawa muatan matrial untuk pembangunan jalan poros trans sulawesi di kabupaten luwu serta sembilan orang awak kapal di semprotkan disinfektan dan di periksa seluruh awak kapalnya oleh pemerintah desa senga selatan, terkait antisipasi dan pencegahan penyebaran covid-19 masuk ke luwu, kamis (02/04)

Melalui akun “fb” atas nama pemdes senga selatan Andi Muh.Arfan Basmin sebgai kepala desa mengungkapkan, “Untuk Pencegahan Virus Corona, Pemerintah Desa Senga Selatan bersama Puskesmas Belopa melakukan kerjasama dalam Pemeriksaan yang di sertai dengan Penyemprotan ke kapal muatan pasir yg berlabuh di Pelabuhan Tadette belopa”.

“Alhamdulillah, dari hasil pemeriksaan yang d lakukan tadi, sembilan (9) dari awak kapal tersebut tidak ada yg mengalami tanda- tanda terjangkit Virus Corona. Tidak hanya pemeriksaan awak kapal, tim Satgas Corona desa Senga Selatan beserta kepala Dusun Tadette pun juga, terjun lngsung dalam penyemprotan cairan disinfektan di kapal”.

Untuk menindaklanjuti kebijakan pemerintah pusat, propinsi dan kabupaten serta himbauan dari WHO (Badan Kesehatan Dunia) terkait pencegahan penyebaran virus corona (covid-19) dan melakukan sosial distancing, pada hari selasa (07/04). Pemerintah desa senga selatan kerja sama dengan satgas covid-19 kecamatan belopa, bhabinkamtibmas serta babinsa desa senga selatan memasang portal di area pelabuhan belopa (Taddette) setelah berkomunikasi dengan pihak Syahbandar.

Pemasangan portal atau penutupan pelabuhan belopa untuk umum, bertujuan mencegah terjadinya perkumpulan orang lebih dari lima (5) di tempat yang sama selama pandemi virus corona berlangsung. “Untuk sementara waktu pelabuhan ditutup untuk umum, supaya tidak adalagi masyarakat yang datang berkumpul lebih dari lima (5) orang)”. Kata Andi Arham Basmin

Karena selama ini, lanjut Andi Arham. Pelabuhan belopa di taddette biasanya masyarakat jadikan tempat berlibur dan tempat berkumpulnya anak-anak muda. jadi untuk sementara waktu pelabuhan kita tutup untuk umum, selama pemerintah berupaya untuk masyarakatnya tidak terjangkit virus covid-19 ini dan pemerintah lakukan ini semua demi kebaikan serta keselamatan masyarakat kita semua. (pn/pemdes-sengsel)

Leave a Reply