Jemput Juara Nasional Program Pasar Sehat Semi Moll, Dr.Hj.Hayarna Basmin,SH.M.Si Kunjungi Pasar Belopa

Dr.Hj.HAYARNA BASMIN,SH.M.Si : “Jagalah Kebersihan Diri Serta Lingkungan, Supaya Tercegah Dari Virus Corona”

LUWU, PilarNews – Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Luwu, Dr.Hj.Hayarna Basmin,SH.M.Si bersama rombongannya, mengunjungi pasar belopa, senin (16/03) untuk melihat keadaan dan kebersihan pasar belopa.

Selain rombongan TP-PKK kabupaten Luwu dalam kunjungan dimaksud, terlihat juga kepala dinas perdagangan Drs.Husain, kepala pasar belopa Hamsa Tete, S.AN, para staf dinas perdagangan dan petugas pasar belopa.

Pada Pilar News, Hj.Hayarna Basmin mengatakan. Bukan cuman pasar belopa yang kami kunjungi, namun semua pasar yang ada di kabupaten luwu. Kunjungan ini sekaitan dengan persiapan penataan kabupaten luwu menjadi pembangunan yang berwawasan sehat. Maka salah satu indikator pasar nya harus ada “Lokus”.

“Tarulah ada salah satu pasar yang representatif untuk dinilai nanti, sehingga berdasarkan hasil rapat, kami pilih pasar belopa untuk ditata sebagai pasar yang akan ditata sebagai pasar semi moll yang bersih dan ramah lingkungan, dimana dalam lokasi pasar akan dilengkapi dengan rambu-rambu petunjuk kepada konsumen (Pembeli), ada juga ruang tunggu hijau untuk pengantar”.

Kemudian di ruang tunggu hijau itu ada taman baca, sambung Hj.Hayarna. Untuk menjaga kebersihan pasar, harus ada tempat sampah basah dan sampah kering, ruang parkir dan tempat penjualan yang tertata rapi, semua pedagang harus menjual di dalam pasar yang sudah diatur nantinya, untuk mencapai tujuan pasar yang semi moll dimaksud. Kata Ketum TP-PKK Luwu

Untuk itu, sampai saat ini kami masih dalam proses pembenahan secara bertahap untuk melengkapi indikator atau persyaratan-persyaratan lain, apa-apa yang akan disiapkan selama 16 bulan kedepan dan Insya Allah, proses dari program kami ini berjalan dengan baik untuk menunggu tim penilai dari pemerintah pusat nanti di bulan tujuh tahun depan (2021).

Untuk itu, kami berharap kepada masyarakat atau para pelaku pasar belopa, beraktifitas seperti biasanya namun harus menjaga kebersihan lingkungan pasar. Jadi marilah kita bantu Pemerintah dan petugas untuk menjaga kebersihan pasar dan jagalah kebersihan diri serta lingkungan, supaya tercegah dari corona atau virus Disease (Covid-19) yang saat ini lagi viral di mana-mana. Tuturnya (pn/AL)

Leave a Reply