Sentra IKM Barambing Luwu Jadi Tempat Study Tiru Oleh Pemkab Sinjai

LUWU, PilarNews – Rombongan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan SDM Kabupaten Sinjai melakukan kunjungan ke Kabupaten Luwu dalam rangka melakukan study banding atau study tiru pengelolaan Industri Kecil Menengah (IKM) yang dilakukan oleh Tim TP-PKK dan Dekranasda Kabupaten Luwu bersama dinas terkait, senin (09/03).

Rombongan di terima langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kab Luwu, Dr.Hj.Hayarna Basmin,SH,M.Si dan Kadis Koperasi dan UKM Luwu, Rudi R Dappi. Dalam kegiatan Studi Tiru dimaksud, selain Pemerintah kabupaten (Pemkab) Sinjai mengunjungi Sentra IKM Barambing yang berada di Kecamatan Suli, pemkab Sinjai juga melakukan pertemuan dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) kabupaten Luwu terkait penyusunan draft rancangan peraturan daerah tentang pengelolaan dan pemanfaatan Sentra IKM.

“Luar biasa perencanaan dan pembagunan Sentra IKM Barambing di Kabupaten Luwu ini, masyarakat tinggal manfaatkan peluang untuk mengembangkan usaha, karena segala kebutuhan telah dipersiapkan oleh pemerintah kabupaten luwu”. Kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan SDM Kabupaten Sinjai, Muh. Ramlan Hamid.

Menurut Ramlan Hamid, pihaknya memilih Kabupaten Luwu sebagai tempat untuk melaksanakan studi tiru karena, informasi yang beredar sampai ke Sinjai bahwa komitmen yang tinggi Pemerintah Kabupaten Luwu untuk membangun daerah menjadi lebih maju.

“Kami memilih Kabupaten Luwu untuk melakukan Studi Tiru karena Sentra IKM Barambing ini merupakan salah satu terbesar di Sulawesi Selatan. Ini sebagai bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Luwu memiliki komitmen dalam berinovasi membangun daerah. Selain pengelolaan IKM kami juga menginginkan adanya sharing pengalaman dari Bapenda Luwu terkait penyusunan rancangan peraturan daerah tentang pengelolaan Sentra IKM”. Ungkap Muh.Ramlan Hamid.

Bedanya Sentra IKM Luwu dengan IKM Sinjai adalah dari segi produksi, kata Ramlan Hamid. Sentra IKM Barambing Luwu memproduksi hasil pangan, sedangkan Sentra IKM Kabupaten Sinjai mengelola produksi khusus hasil perikanan.

Dalam pertemuan kunjungan pemkab Sinjai tersebut, terlihat juga Kadis Nakertrans luwu, H.Syaiful Abdul Latief, Camat Bastem Utara, Yospina Kiding Gessong dan Kepala UPTD IKM Barambing, Annas. (pn/kominfo)

Leave a Reply