Demi Lancarnya Perputaran Ekonomi Masyarakat, Bupati Luwu Resmikan Pasar Tradisional Lanipa

Drs.HUSAIN : “Terkait Siapa Kepala Pasarnya, Kita Masih Tunggu Usulan Dari Camat dan Para Kades”

LUWU, PilarNews – Bupati Luwu, H.Basmin Mattayang meresmikan sekaligus pemanfaatan Pasar Tradisional Lanipa atau Pasar Rakyat Ponrang Selatan di Desa Bakti Kecamatan Ponrang Selatan (Ponsel) Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan, selasa (21/01) di area pasar tersebut. Terlihat, Bupati didampingi oleh Wakil Bupati Luwu, H.Syukur Bijak dan Sekda Luwu, Drs.Ridwan Tumba Lolo.

Di hadiri juga oleh Anggota DPRD Luwu, Sukma,S.Ag, Kadis Perdagangan pemkab luwu, Drs.Husain, Camat Ponsel Uparuddin,SH, Kapolsek Ponsel Iptu.Zad Zali Kareba, Kadis Bappenda Pemkab Luwu, Muh.Arsal Arsad, Kasat Pol-PP Andi Iskandar, Kabid Preservasi jalan dan jembatan PUPR pemkab luwu, Kasmaruddin,S.Sos, ketua panitia pemanfaatan pasar, AKP.(Pur).Kasmin, Lurah dan para kepala desa se kecamatan Ponsel, serta para pelaku pasar atau masyarakat ponsel.

Dalam sambutannya Bupati Luwu. Selain mengajak masyarakat untuk meramaikan pasar, H.Basmin Mattayang juga mengajak pengelola dan masyarakat atau pengguna pasar, menjaga kebersihan, keindahan serta merawat pasar supaya menarik para pembeli demi meningkatan pendapatan perkapita di wilayah kecamatan Ponsel.

“Saya minta pasar itu diramaikan, kalau pasar itu ramai berarti perputaran ekonomi kita itu semakin baik, diharapkan juga para pengguna pasar, masyarakat, bapak/ibu harus jaga kebersihan, jaga keindahan dan merawat pasar ini dengan baik, supaya pasar ini betul-betul dikelola untuk menjadi sumber pendapatan dan sumber perekonomian masyarakat di daerah lanipa khususnya dan masyarakat ponrang selatan umumnya, itu yang diharapkan”.

Mewakili pemerintah daerah, Bupati Luwu sangat mengapresiasi adanya pembangunan pasar rakyat tradisional ponrang selatan. “Saya liat kondisi pasar yang ada, pasar ini jauh lebih baik dengan pasar noling yang ada saat ini. Tempatnya lebih strategis dari pada pasar di kamanre. Cuman saya minta kepada pengelola pasar nantinya harap di tata dengan rapi dan menjaga kebersihan pasar”.

Untuk menjaga kesinambungan antara hari-hari pasar dengan kecamatan lain, agar perputaran ekonomi di kabupaten luwu berjalan lancar dalam sona pasar di setiap kecamatan, H.Basmin Mattayang sempat menyarankan kepada masyarakat serta panitia pemanfaatan pasar tersebut, untuk hari pasar lanipa atau pasar ponrang selatan yakni hari selasa dan hari sabtu.

“Saya cuman usulkan, kalau boleh hari pasar di sini nanti itu hari selasa dan sabtu karena kalau selasa kamis itu terlalu mepet, sehingga perputaran ekonomi di pasar akan lambat, kalau selasa-sabtu perputaran ekonomi dipasar akan lancar, karena disini berjauhan dengan pasar noling sama pasar padang sappa dengan hari pasar yang berbeda, bisa warga dari padang sappa, noling dan warga bagian selatan juga bisa datang ke pasar ponsel untuk transaksi jual beli akan lancar”.

Drs.Husain sebagai Kadis Perdagangan, saat di konfirmasi langsung mengatakan “Terkait Siapa Kepala Pasarnya, Kita Masih Tunggu Usulan Dari Camat dan Para Kades” yang semntara mereka musyawarahkan, Insya Allah dalam waktu dekat akan ada, dan sebagai kepala dinas perdagangan, kami berharap supaya pengelola pasar bersama para pengguna atau pedagang pasar dapat bekerja sama untuk menjaga kebersihan, keamanan dan dapat merawat pasar nantinya, karena pasar adalah salah satu sumber peningkatan perekonomian kita demi tercapainya kesejahteraan masyarakat. (pn/idl)

Leave a Reply