Megawati Buat Pelatihan Pemberdayaan Untuk Kesejahteraan Warga Desa

BELOPA, PilarNews – Kepala desa Kurrusumanga, Megawati mengadakan lagi kegiatan-kegiatan pelatihan budi daya ikan lele serta pengolahan menjahit dan tata rias di ujung tahun 2019. Pelatihan tersebut diadakan di ruang aula kantor desa Kurrusumanga, sabtu (28/12) yang didampingi oleh Tim Pelayanan Inovasi Desa (TPID).

Saat ditemui dalam kegiatan, Megawati menyampaikan semua pelatihan itu untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan kesejahteraan warga desanya. “Pelatihan-pelatihan seperti ini, tujuannya tidak lain hanya mau meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat, khususnya para kelompok warga tani ikan lele serta kelompok TP-PKK Desa yang ikut pelatihan”.

Untuk meningkatkan yang namanya kesejahteraan itu, sambung Megawati. Kita atau kami sebagai pemerintah harus meningkatkan dulu SDM warga, dengan membuat berbagai kegiatan pelatihan-pelatihan yang berhubungan dengan pendapatan atau nilai ekonomis warga.

Pelatihan dimaksud bekerja sama dengan Penyedia Peningkatan Kapasitas Tehnis Desa (P2KTD) dari Makassar selama tiga hari kedepan dan dikelolah oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Kurrusumanga kecamatan belopa kabupaten luwu.

Anggaran Pelatihan ini bersumber dari Dana Desa (DD) sebesar Rp.10 juta. Ungkapnya, sementara baru diadakan tiga unit mesin jahit, fasilitas tata rias dan 2.000 bibit ikan lele per kelompok untuk empat kelompok petani lele, sudah bersama bahan pakannya, untuk sementara per kelompok itu 15 orang.

“Saya sebagai pemerintah berharap setelah pelatihan, kedepan kegiatan ini berjalan dengan lancar, supaya bisa mempengaruhi dan mengajak masyarakat lain di desa ini untuk bekerja sama sehingga lebih meningkatkan lagi pelatihan dan kegiatan serta hasil yang baik di tahun 2020”. (pn/AL)

Leave a Reply