Selain MoU dengan BPJS Ketenagakerjaan, Bupati Luwu Sosialisasikan UMP 2020

LUWU, PilarNews – Bupati Luwu, H.Basmin Mattayang mengsosialisasikan Upah Minimum Propinsi (UMP) tahun 2020 sebesar Rp.3.103.800,- rupiah, jumat (6/12) lalu di ruang aula andi kambo kantor bupati. Sosialisasi tersebut berdasarkan apa yang telah di umumkan dan telah ditetapkan oleh gubernur sulawesi selatan pada tanggal 01 november kemarin di baruga lounge, seperti yang dikutip Liputan6.com.

Sosialisasi jumlah UMP ini, Bupati Luwu yang didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Ir.H.Syaiful Abdul Latief,ST.MM berharap supaya di tahun 2020 para pemilik perusahaan-perusahaan yang terdaftar dan mempunyai kariawan tetap, supaya memberikan upah sesuai dengan UMP yang sudah ditetapkan.

Rekomendasi penetapan kenaikan UMP tersebut mengacu pada PP Nomor 78/2015 Tentang Pengupahan. Serta menindak lanjuti surat edaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) dengan nomor: B-M/308/HI.01.00/X/2019. Tanggal 15 Oktober 2019.

Perihal Penyampaian data Tingkat Inflasi dan Pertumbuhan Domestik Bruto Tingkat inflasi Nasional tahun 2019 sebesar 3,32 persen dan Pertumbuhan Ekonomi Nasional tahun 2019 sebesar 5,19 persen. Dengan demikian kenaikan UMP berdasarkan data tesebut adalah sebesar 8.51 persen, yakni Rp.3.103.800,-

“Semoga apa yang telah ditetapkan oleh pemerintah terkait kenaikan UMP ini dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan tenaga kerja dan juga kita berharap dapat menjaga dan meningkatkan iklim investasi di kabupaten luwu”. Tuturnya

Kegiatan sosialisasi tersebut dirangkaikan dengan penandatanganan MoU antara pemerintah kabupaten luwu dengan pihak BPJS Ketenaga kerjaan, mengenai keikut sertaan non ASN dalam program BPJS Ketenagakerjaan. (pn/hyn)

Leave a Reply