Berharap Generasi Memiliki Rumah Tangga Bahagia, Kades Adakan Sunatan Masal

Andi Muh.Arfan Basmin,SH : “Pemerintah Desa dengan Pemerintah Daerah harus Bersinergi”

BELOPA, PilarNews – Kepala desa (Kades) Senga Selatan, Andi Muhammad Arfan Basmin,SH mengadakan bakti sosial “Sunatan Masal” kepada 100 anak generasi pelanjut kabupaten luwu secara gratis. Kegiatan tersebut berlangsung selama satu hari di SDN.431 dusun walenna desa senga selatan yang dihadiri oleh camat belopa, Drs.Rahmat A.Parana dan pihak RSUD Batara Guru Belopa, kamis (19/12).

Andi Muh.Arfan Basmin yang akrab dipanggil Opu Angga, saat dikonfirmasi langsung menyampaikan rasa syukur dengan adanya kegiatan tersebut. “Sunatan masal ini saya sangat bersyukur banyak, warga dari desa-desa tetangga juga ikut berpartisipasi untuk mendatangkan anak-anaknya yang mulai dari umur 12 tahun ke atas untuk disunat, seperti warga dari desa kasiwiang, lamunre tengah, desa pasamai dan ada juga warga dari beberapa desa di kecamatan kamanre”.

“Buat saya adalah asas manfaat yang kita pemerindah desa bisa berikan kepada masyarakat umumnya dan warga di kecamatan belopa khususnya dan desa senga selatan sebagai tuan rumah dalam kegiatan sunatan masal ini secara gratis untuk masyarakat”. Ujar Opu Angga

Selain pembangunan secara fisik, kami pemerintah desa senga selatan juga berupaya memberikan konstribusi penuh terkait pelayanan-pelayanan terhadap masyarakat melalui kegiatan-kegiatan bakti sosial seperti ini. Sambung Angga, karena menjalankan pemerintahan dengan mengedepankan pelayanan masyarakat yang lebih maksimal, optimal itu buat saya jauh lebih penting dari kegiatan infrastruktur.

“Karena pelayanan masyarakat itu bersentuhan langsung dengan masyarakat, apalagi kita sadar betul senga selatan inikan masih banyak warga-warga kita yang taraf perekonomiannya jauh dibawa rata-rata, nah hal-hal seperti ini buat saya secara pribadi sangat membantu setidaknya biaya untuk menyunatkan anak, orang tua bisa gunakan untuk keperluan rumah tangga yang lain”.

Opu Angga juga berharap ada kerja sama antara pemerintah desa dengan pemerintah daerah dalam melayani masyarakat. “Buat saya sebenarnya mengelola pemerintah itu tidak mudah dan tidak susah juga, karena pemerintah desa dengan pemerintah daerah harus bersinergi, kalau sudah ada sinergitas pemerintah desa dengan pemerintah daerah terkait persoalan kontribusi apa yang bisa kita berikan pelayanan ke masyarakat, Insya Allah daerah kita di berkahi”.

Sebagai kepala desa harusnya sepakat dan mengakui bahwa tanggung jawab yang kita bawa bukan untuk diri sendiri, akan tetapi kepala desa itu kerja sama, memiliki timwork yang baik antarah pemerintahan desa dengan pemerintahan daerah. Karena secara tidak langsung ini menjadi tongga penggerak membantu pemerintah daerah untuk sama-sama berpikir bagaimana caranya mensejahterakan masyarakat di desa-desa. Jelasnya

Hakikat dari sunatan masal ini selain daripada bakti sosial, prinsipnya sunatan masal ini adalah membantu orang tua- orang tua si anak untuk menjalankan aturan atau ajaran Islam yaitu, mengkhitankan anaknya diusia yang dianggap layak untuk dikhitan dengan harapan anak-anak yang sudah disunat atau dikhitan ini rumah tangganya bahagia, sakinah dan warahmah apabila sudah nikah atau berkeluarga nantinya. (pn/hyn)