Pelatihan Dasar CPNS Luwu Angkatan XVII tahun 2019 Di Belopa, Ini Agendanya

LUWU, PilarNews – Pemerintah kabupaten luwu melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), kerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi sulawesi selatan, mengadakan kegiatan pelatihan dasar bagi para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) angkatan XVII dalam tahun ini (2019) di Belopa.

Ada 103 jumlah peserta CPNS 2018 Kabupaten Luwu secara keseluruhan, saat ini ikut dalam Latihan Dasar (Latdas) yang dibagi dalam tiga gelombang oleh panitia pelaksana, terhitung 22 hari pada setiap gelombang kegiatan pelatihan, yang terdiri dari 40 peserta di gelombang pertama dan gelombang kedua, sisanya akan ikut pada gelombang ketiga pelatihan.

Pelatihan dasar bagi para CPNS jalur umum tersebut mulai dari tanggal 10 juli 2019 sampai tanggal 07 september 2019 mendatang, kegiatan pelatihan sementara dilaksanakan di hotel Karmila serta fasilitas olahraga pemkab luwu dalam kota Belopa.

Ini agenda kegiatan Latdas bagi 103 CPNS sampai bulan september depan. 10 juli lalu peserta mendapat materi diklat Kebijakan Pengembangan SDM Aparatur dan Nilai-nilai ASN, dan dilanjutkan dengan Overview Kebijakan Penyelenggaraan Diklat. Tanggal 11 juli materi yang diterima yaitu, Dinamika Kelompok, Wawasan Kebangsaan dan Nilai-nilai Bela Negara. Tanggal 12, olahraga pagi kemudian peserta menerima materi Analisis Isu Kontemporer.

Pada tanggal 13 juli peserta dilanjut menerima materi, Kesiapsiagaan Bela Negara setelah olahraga pagi. tanggal 14 juli, pelatihan Mandiri selama satu hari. Kemudian tanggal 15 juli, dilanjutkan dengan materi Kesiapsiagaan Bela Negara setelah olah raga pagi.

Pada tanggal 16 juli, Olah raga pagi, lanjut materi Kesiapsiagaan Bela Negara, Materi Muatan Tehnis Substansi Lembaga (MTSL) kemudian dilanjutkan lagi dengan Konsep Aktualisasi. Pada Tanggal 17 juli materi Anti Korupsi setelah Olah Raga pagi.

Kemudian pada tanggal 18 juli, Materi Akuntabilitas setelah olah raga pagi. Tanggal 19 materi Nasionalisme setelah olah raga pagi. Lanjut tanggal 20 juli materi Komitmen Mutu setelah Olah raga pagi. tanggal 21 peserta diuji mandiri setelah menerima materi. Tanggal 22 juli materi Etika Publik setelah olahraga pagi. Tanggal 23 juli materi Whole of Government dan materi Pelayanan Publik.

Tanggal 24 juli materi Manejmen ASN dengan Ceramah Umum. Tanggal 25 juli materi Muatan Teknis Substansi Lembaga (MTSL) lanjut dengan Ceramah Umum. Tanggal 26 juli Evaluasi Akademik dengan tes Aktualisasi. Tanggal 27 juli dilanjutkan dengan Pembimbingan Rancangan Aktualisasi.

Tanggal 28 di uji Mandiri. Lanjut di tanggal 29 juli di Evaluasi Rancangan Aktualisasi. Tanggal 30 juli Pembekalan Habituasi. Tanggal 31 juli sampai tanggal 04 September peserta di latih untuk Aktualisasi di tempat Kerja masing-masing. Tanggal 05 September para peserta diberikan Pembimbingan Pra Evaluasi Aktualisasi.

Kemudian pada tanggal 06 September para peserta di Evaluasi Pelaksanaan Aktualisasi dan pada tanggal 07 September 2019 peserta CPNS angkatan XVII akan di Review Kebijakan Penyelenggaraan Pelatihan serta Penutupan Kegiatan.

Drs.H.Sulaiman,MM sebagai kepala BKPSDM kabupaten Luwu, melalui Pilar News, selasa (16/7)  berharap dengan adanya pelatihan dasar atau Latdas bagi para CPNS ini, kedepan para peserta bisa memahami dan melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai abdi negara. “Saya berharap para peserta dapat memahami hakikat dari seorang ASN dalam melaksanakan tugas negara setelah lulus sebagai ASN nantinya”. (pn/hyn)